Selasa, 08 Maret 2011

TAWAAZUN

      Tawaazun artinya adalah keseimbangan, keseimbangan tidak akan terjadi jika tidak dilakukan sesuai fitrah masing-masing, fitrah sendiri artinya semua ciptaan sesuai dengan fungsi tujuan diciptakan. contohnya : manusia harus fitrah dengan adanya Islam, yaitu manusia harus melakukan sesuatu sesuai ajaran Islam. karna Islam adalah agama yang hanif. agama hanif ialah agama yang cenderung pada tauhid, manusia bisa disebut hanif jika manusia tersebut mempraktekan ketauhidan. jika manusia melaksanakan ajaran Islam maka kehidupannya akan menjadi seimbang. keseimbangan dipengaruhi oleh tiga faktor 1.jasmani 2.akal 3.ruh.
1.jasmani akan baik jika tunjang gizi yang baik dan halal.
syarat makanan halal dan baik ialah :
a. dilihat dari zatnya, contoh hewan babi haram hukumnya
b. dilihat dari cara mendapatkannya, contoh : tidak diperoleh dari hasil mencuri atau korupsi
c. dilihat dari prosesnya, contoh : cara penyembelihannya sesuai syariat Islam
d. dilihat dari dampaknya, contoh : makan yang berlebihan akan mengakibatkan tidak baik pada kesehatan
2.akal akan dikatakan bagus jika dipenuhi dengan ilmu, baik ilmu eksak, ilmu sosial dan yang paling penting adalah ilmu agama. karena jika orang yang dipenuhi dengan ilmu eksak atau sebagainya tanpa didukung ilmu agama, orang tersebut sedikit kemungkinan bermanfaat bagi masyarakat, malah sebaliknya akan merugikan masyarakat
3.ruh adalah tempat hubungan vertikal kita dengan sang pencipta, maka dari itu ruh yang baik jika ruh tersebut setiap waktu dzikrullah, dalam arti mengingat allah dan membersihkan diri.
jika ketiga faktor tersebut terpenuhi akan mendatangkan nikmat, baik itu nikmat batin dan nikmat dzohir maka hidup akan seimbang karena jasmani, akal, dan ruh sudah sesuai menurut fungsi dari tujuan diciptakannya.
 semoga kita termasuk orang-orang yang hidupnya seimbang sesuai ajaran tauhid. amin amin ya rabbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar